followers

Minggu, 04 Mei 2014

Kue macaroon

 hai, malam
ada yang tau gak kue macaroon itu kue apa, dari namanya kayak macaroni ya. tapi bukan loh, kue ini berasal dari italia, dan baru ngetrend di indonesia. aku pengen banget ngerasa kue ini. apalagi setiap aku nonton film di HBO, itu kayak di film Sherlock Holmes : game of shadows, terus film beautiful creatures, dll.
  aku kenal kue ini sejak aku sering lihat di instagram, pertamanya sih aku cuman kayak , "ah, apa nih gapen ''. eh lama-lama aku jadi tertarik, dan aku masih nyari sih yang jual kue ini di tanjung balai karimun. kalo ada yang tau coment ya , heheheh

penasaran gak what looks like this cookies ! nih dia .

   kue macaroons ini termasuk jenis kue yang sangat lembut dengan rasa yang manis dan mempunyai beragam isi. Rasanya juga bermacam-macam seperti strawberry, pisang, lemon, coklat, blueberry, atau raspberry. Dan kue macaroons ini semakin menarik dengan tampilannya yang eye catching atau sangat mencolok dan berwarna warni. Nama kue macaroons diambil dari kata "maccherone" yang berati fine dough atau adonan yang lembut. Kue Macaroon ini merupakan salah satu makanan tradisional paris / perancis lho. kue asal italia ini masih cukup mahal di indonesia untuk sekarang ini. Dan bahan dasar dari kue macaroons ini terdiri dari putih telur dan pasta almond. Wah pantas ya kalo kue macaroons ini sangat nikmat dan diburu banyak orang untuk saat ini.

wow, like so yummy yes !!!!, yes bingits yes !!!
nih, mau tau gak asal-usul adanya this kind cookies, nih dia ada artikelnya yang aku ambil dari ( www.gadis.co.id ) 

Resep dari Italia

   Nggak ada yang tahu pasti soal asal-usul macaron. Tapi, menurut cerita yang beredar, macaron dibawa oleh chef Italia yang pindah ke Perancis. Chef ini diajak pindah oleh majikannya, seorang wanita bangsawan bernama Catherine de’ Medici yang menikah dengan raja Perancis, King Henry II, pada tahun 1533. Macaron terbuat dari putih telur, gula pasir, bubuk almond, serta pewarna makanan. Dan masa itu, macaron disajikan dengan sangat sederhana, yaitu berupa satu keping dengan krim isian. 
Pada abad 20, baru deh macaron dimodifikasi oleh seorang chef Perancis, Pierre Desfontaines, cucu dari pemilik toko kue ternama di Perancis, Laduree. Ia menggabungkan dua keping macaron dan mengisi bagian tengahnya dengan saus cokelat. Bentuk macaron inilah, yang kita lihat sekarang ini.


Banyak Variasinya

   Nggak disangka, perkembangan macaron cukup pesat di berbagai negara. Mulai dari Eropa hingga Asia, kompak membuat macaron dengan versi masing-masing. Di Swiss, macaron-nya mirip dengan bikinan Perancis, tapi lebih ringan. Sementara di Jepang, macaron punya nama beken “makaron” dan dibuat dari bubuk beraroma kacang sebagai pengganti almond, bahan dasar macaron. 




penasaran gak rasanya, pastinya enakkan.
kalo gatau mau beli dimana, mending buat sendiri deh, aku juga mau nyoba loh.

nih, ada resep mudah membuat kue macaroons


                                                 


Kue Macaroons

Bahan Kue Macaroons :

  • 400 gr Icing sugar
  • 100 gr Putih telur
  • 2 sdm Tepung maizena
  • 50 gr Bubuk almond, ayak
  • ¼ sdt Garam halus
  • ½ sdt Pasta stroberi / pewarna merah muda
  • Bahan Isi Kue Macaroons :
  • 1 btr putih telur
  • 4 sdm gula halus
  • 1 sdm air jeruk nipis

Cara Membuat Kue Macaroons :

1. Mixer putih telur dengan icing sugar dan garam halus hingga mengembang dan kaku.

2. Lalu masukkan tepung maizena, bubuk almond dan pasta stroberi ke dalam adonan putih telur, di aduk sebentar hingga adonan tercampur rata.

3. Siapkan loyang kue yang diolesi dengan margarin. Kemudian masukkan adonan macaroons ke dalam piping bag / plastik corong segi tiga dan gunting bagian ujung plastiknya.

4. Semprot / bentuk adonan ke atas loyang hingga membentuk bulatan. dan diamkan di dalam suhu ruang selama 1 jam hingga adonan melebar.

5. oven adonan dalam suhu 160 derajat celcius selama 15 menit.

6. Setelah 15 menit, buka pintu oven, biarkan selama 3 menit. Kemudian panggang kembali dengan menggunakan temperatur 130 derajat celcius selama 25 menit atau hingga kue benar-benar matang dan kering. Lalu angkat.

7. Diamkan adonan hingga menjadi dingin. Setelah itu keluarkan kue dari cetakkan. Ambil satu buah macarons lalu olesi dengan bahan isi dan kemudian tutup dengan macaroon yang lain.

8. Sajikan dan Simpan macaroons di dalam toples kedap udara.
Cara Membuat isi Macaroons sendiri :
Kocok putih telur, gula halus dan air jeruk nipis hingga semua bahan tercampur rata dan berwarna putih. Sisihkan. Isi siap digunakan.

Untuk 20 Buah

 Tips Agar Kue Macaroons Bagus dan Berhasil :

1. Jangan menggunakan gula halus karena itu akan menghasilkan macaroons dengan warna kusam dan bertekstur kasar. Lebih baik menggunakan icing sugar, jenis gula ini bisa di beli di toko bahan kue.

2. Pastikan mixer dan mangkuk adonan dalam kondisi kering, karena dengan adanya air di dalam mangkuk atau mixer bisa menyebabkan kocokan putih telur tidak mengembang dengan baik.

3. Jangan memanggang / meng oven kue ini dalam suhu terlalu panas atau diatas 200 derajat karena akan menyebabkan permukaan kue menjadi retak namun bagian dalamnya masih lembab.

4. Isi kue macaroons bisa diganti sesuai selera, misalnya dengan selai, coklat pasta, whipped cream, butter cream, cream cheese, atau yang lainnya .

 nah, itu dia seputar kue macaroon, selamat mencoba guys :*))

D.R


Tidak ada komentar:

Posting Komentar